Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Disertai Contoh Nyata

jenis-jenis iklan

Kali ini, kita akan mempelajari jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, disertai contoh yang nyata. Kita sering menjumpai iklan di sekitar kita. Ada iklan di media cetak, televisi, radio, baliho, YouTube, Instagram, Facebook, dan lain-lain. 

Setiap iklan memiliki karakteristik. Iklan tentang lowongan pekerjaan tentunya isinya berbeda dengan iklan pemberitahuan tentang lelang. Begitu pula iklan minuman ringan, tentunya juga berbeda dengan iklan servis komputer. 

Baca juga: 25 Soal Teks Iklan, Slogan, Poster Kelas 8 SMP

Ada banyak jenis iklan. Jenis iklan yang akan dibahas dalam postingan ini adalah jenis iklan berdasarkan isinya. Di sini nanti juga disertakan contoh iklan yang nyata.

Berdasarkan isinya, iklan dibagi menjadi empat jenis. Ada iklan pemberitahuan/pengumuman, iklan layanan masyarakat, iklan penawaran, dan iklan permintaan. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya. 

1. Iklan Pemberitahuan/Pengumuman

Jenis iklan berdasarkan isinya yang pertama adalah iklan pemberitahuan/pengumuman. Iklan pemberitahuan adalah jenis iklan yang isinya berisi pemberitahuan kepada khalayak tentang suatu kejadian, informasi, keadaan, dan lain-lain. 

Contoh iklan pemberitahuan, misalnya iklan duka cita, iklan pengumuman lelang, iklan pengumuman dari pemerintah, dan lain-lain. 

Berikut contoh-contoh iklan pemberitahuan/pengumuman.

a. Iklan Pengumuman Hasil Pemilu

iklan pemberitahuan
Iklan pengumuman hasil pemilu adalah salah satu contoh jenis iklan pemberitahuan. Iklan ini memberitahukan hasil pemilu yang telah dilaksanakan KPU kepada masyarakat.

b. Iklan Duka Cita

iklan pemberitahuan duka cita
Iklan duka cita termasuk salah satu jenis iklan pemberitahuan. Iklan duka cita termasuk iklan pemberitahuan karena menginformasikan kepada khalayak tentang informasi meninggalnya/wafatnya seseorang. 

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi penerangan atau penjelasan suatu informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat biasanya berisi informasi edukatif bagi masyarakat. 

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan imbauan agar hemat energi, iklan tentang pentingnya pendidikan bagi anak, iklan tentang bahaya merokok, iklan tentang bahaya narkoba, dan lain-lain. 

a. Iklan Bahaya Merokok

iklan layanan masyarakat
Iklan bahaya merokok adalah salah satu jenis iklan layanan masyarakat. Iklan ini mengajak masyarakat untuk meninggalkan atau menjauhi rokok karena bisa merugikan kesehatan. 

b. Iklan Hemat Energi

iklan layanan masyarakat 1
Iklan tentang pentingnya hemat energi termasuk jenis iklan layanan masyarakat. Iklan ini berisi ajakan kapada masyarakat agar menghemat energi.

3. Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang isinya menawarkan barang atau jasa. Berikut contoh iklan penawaran.

a. Iklan penawaran barang

penawaran barang

Iklan penjualan rumah adalah salah satu jenis iklan penawaran barang. Barang yang ditawarkan adalah unit rumah. 

b. Iklan penawaran jasa

iklan penawaran jasa

Iklan servis elektronik/handphone termasuk iklan penawaran jasa. Jasa yang ditawarkan adalah pelayanan untuk memperbaiki barang elektronik/handphone.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang isinya permintaan suatu barang atau jasa. Berikut contoh iklan permintaan.

a. Iklan permintaan barang

iklan permintaan barang
Iklan seseorang mencari barang untuk dibeli adalah salah satu jenis iklan permintaan barang.

b. Iklan permintaan jasa

iklan penawaran jasa
Iklan lowongan pekerjaan adalah salah satu jenis iklan permintaan jasa. 

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, disertai contoh nyata. Simpulannya, jenis-jenis iklan berdasarkan isinya dibagi menjadi empat, yakni iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, iklan penawaran, dan iklan permintaan. 
Sekian pembahasan jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, disertai contoh nyata. Tetap semangat belajar dan salam sehat selalu. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Disertai Contoh Nyata"