Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-Jenis Iklan Media Cetak dan Contoh Gambarnya


Selamat datang di postingan jenis-jenis iklan media cetak dan contoh gambarnya. Iklan media cetak sering kita temukan di sekitar kita. Tentunya, iklan itu menjadi bagian dalam isi media cetak itu. 

Media cetak yang menampilkan iklan, di antaranya surat kabar atau koran, majalah, buletin, dan lain-lain. Jenis-jenis iklan yang akan kita pelajari kali ini mengacu jenis iklan yang biasa dimuat di surat kabar atau koran. Alasannya adalah jenis iklan di koran lebih kompleks daripada media cetak lainnya. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Disertai Contoh

Dalam penyajiannya, iklan media cetak biasanya memadukan unsur tulisan, gambar, dan disertai dengan warna-warna. Namun, tidak menutup kemungkinan iklan media cetak hanya berupa tulisan atau bahkan gambar saja. 

Pembagian jenis iklan media cetak, khususnya iklan dalam surat kabar, mengacu pada ketersediaan ruang dalam media tersebut. Ada jenis iklan yang kecil, sedang, dan besar. 

Baca Juga: Soal-Soal tentang Teks Iklan, Slogan, dan Poster

Untuk lebih jelasnya, jenis iklan media cetak dibagi menjadi empat. Empat jenis iklan media cetak adalah iklan baris, iklan kolom, iklan display, dan iklan advertorial. 

Jenis Iklan Media Cetak dan Contoh Gambarnya

1. Iklan baris

Iklan baris adalah jenis iklan media cetak yang berbentuk baris. Penyajiannya hanya berupa tulisan dan tidak ada gambar atau ilustrasi. Tulisannya pun hanya singkat dan biasanya menggunakan kata-kata yang disingkat. Jenis iklan ini disebut dengan iklan baris juga karena biasanya biaya iklan baris ditentukan per baris. Oleh karena itu, semakin banyak baris, semakin mahal biayanya. 

Pemasang iklan baris biasanya adalah seseorang atau perusahaan dengan anggaran iklan yang kecil. Dalam surat kabar, iklan baris adalah jenis iklan yang paling murah karena ukurannya yang kecil. 

Iklan baris biasanya menggunakan singkatan kata untuk menghemat biaya. Tidak ada aturan baku mengenai penyingkatan kata. Penyingkatan kata dalam iklan baris tergantung permintaan pemasang iklan. Berikut beberapa contoh singkatan yang digunakan dalam iklan baris.

Contoh singkatan dalam iklan baris

a. jl        : jual
b. rmh    : rumah
c. mbl    : mobil
d. mtr    : motor
e. mrh    : murah (atau juga bisa merah tergantung konteks iklan)
f. cr        : cari
d. krywn : karyawan
e. llsan    : lulusan
f. ijzh      : ijazah
g. dbtuhkn: dibutuhkan
h. krdt      : kredit
i. TT        : tukar tambah

j. BU        : butuh uang

Berikut contoh-contoh gambar iklan baris:

iklan baris
Contoh Iklan Baris

iklan baris 1
Contoh Iklan Baris


2. Iklan Kolom

Iklan kolom adalah jenis iklan media cetak yang berbentuk kolom-kolom. Iklan ini biasanya memuat tulisan dan gambar. Namun, ukurannya tidak terlalu besar. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemasang tergantung dari ukuran kolom. Biasanya, biaya ditentukan setiap mili meter kolom atau mmk. Biaya antara warna hitam putih dan warna juga tentunya akan berbeda. 

Berikut contoh-contoh gambar iklan kolom:

Contoh iklan kolom

Contoh Iklan Kolom di Surat Kabar

Contoh iklan kolom 1
Contoh Iklan Kolom di Surat Kabar

3. Iklan Display

Iklan display adalah jenis iklan media cetak yang mirip dengan iklan kolom, tetapi ukurannya lebih luas. Iklan display biasanya dipasang di luar halaman khusus iklan. Jadi, iklan ini bisa dipasang di halaman topik yang diinginkan pemasang. Misalnya, iklan display produk otomotif biasanya akan dipasang di halaman dengan topik otomotif. 

Berikut contoh-contoh gambar iklan display:

Contoh Iklan Display di Surat Kabar

Contoh iklan display
Contoh iklan display

4. Iklan Advertorial

Iklan advertorial atau juga disebut iklan berita adalah iklan yang dikemas dalam bentuk berita. Iklan ini mirip berita, tetapi sebenarnya adalah iklan. Iklan ini biasanya disajikan dalam bentuk tulisan panjang mirip berita, juga bisa disertai dengan gambar-gambar pendukung. 

Berikut contoh iklan advertorial:

Iklan Advertorial
Contoh Iklan Advertorial

Iklan Advertorial
Contoh Iklan Advertorial

Nah, itulah pembahasan mengenai jenis-jenis iklan media cetak dan contoh gambarnya. Dapat disimpulkan bahwa jenis iklan media cetak terdiri atas empat jenis. Jenis iklan media cetak adalah iklan baris, iklan kolom, iklan display, dan iklan advertorial. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Iklan Media Cetak dan Contoh Gambarnya"