Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1 Kasus 2

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1 Kasus 2

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1 ini adalah CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.

CGP akan mendalami materi melalui studi kasus. CGP akan membaca  4 studi kasus untuk kemudian memilih 1 kasus untuk dianalisis. Setiap CGP perlu memberikan minimal dua komentar/tanggapan terhadap hasil analisis CGP lainnya yang diunggah di LMS.

Berikut analisis atau studi kasus untuk kasus 2, yakni situasi yang terjadi antara Ibu Azizah dan Bu Dani. 

Kasus 2 3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1

Ibu Azizah adalah kepala sekolah SMP Tunas Bangsa. Ia adalah seorang kepala sekolah yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi.  Ia memiliki hubungan profesional yang baik dengan Ibu Dani, Kepala SMA Nusantara. Mereka seringkali berkomunikasi dan bekerjasama sehubungan dengan program-program pendidikan baik di sekolah Ibu Azizah sendiri maupun sekolah Ibu Dani.

Baru-baru ini Ibu Azizah terpilih menjadi ketua MKKS-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah. Ibu Dani pun terpilih menjadi bendahara MKKS.  Awalnya semua program MKKS dibawah kepemimpinan Ibu Azizah berjalan dengan baik sampai pada saatnya diadakan rapat evaluasi semester 1, dimana Ibu Azizah harus memberikan laporan pada Dewan Pembina MKKS, termasuk laporan keuangan. Ibu Azizah pun meminta laporan keuangan pada bendahara yaitu Ibu Dani.

Dua minggu sebelum rapat evaluasi, Ibu Azizah pun sibuk mempersiapkan dokumen-dokumen laporan yang dibutuhkan, termasuk dokumen yang berhubungan dengan keuangan. Ia pun menghubungi Ibu Dani, saat itulah Ibu Azizah mengetahui bahwa selama ini Ibu Dani menggunakan sebagian uang MKKS untuk pengobatan putrinya yang sedang sakit dan memerlukan pengobatan yang mahal. Ibu Dani berjanji bahwa uang tersebut akan segera digantikan sebelum rapat evaluasi tiba. Ibu Azizah sebetulnya ragu akan hal tersebut mengingat jumlah uang yang cukup besar. Namun Ibu Dani meminta Ibu Azizah untuk berjanji untuk tidak memberitahu siapapun tentang tindakannya. Apa yang akan dilakukan Anda bila berada di posisi Ibu Azizah, dan mengapa?

Berikut panduan pertanyaan untuk melakukan analisis studi kasus di kegiatan 3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1.

1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

2. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).

3. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi).

4. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi).

5. Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman?

6. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

7. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?

8. Apa keputusan yang Anda ambil?

9. Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa?

Hasil studi kasus 3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1

1. Jika situasi dalam kasus Bu Azizah dan Bu Dani adalah situasi dilema etika, paradigma yang terjadi pada situasi tersebut adalah paradigma Rasa Keadilan dan Rasa Kasihan.  Nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut adalah nilai integritas untuk transparan dalam penggunaan anggaran dan tidak berintegritas karena menyetujui penggunaan anggaran organisasi yang tidak sesuai dengan aturan.

2. Uji legal: tidak ada pelanggaran hukum dalam situasi tersebut. Ibu Dani yang menggunakan uang MKKS untuk keperluan pengobatan anaknya yang sakit berjanji untuk mengembalikan uang tersebut sebelum rapat evaluasi. Namun, situasi ini bisa terjadi pelanggaran hukum apabila Ibu Dani tidak dapat mengembalikan uang tersebut. 

3. Uji regulasi: ada pelanggaran peraturan atau kode etik profesi dalam situasi yang dialami Ibu Azizah dan Bu Dani, yakni saat Bu Dani menggunakan uang MKKS yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Selain itu, Bu Dani juga mencoba memengaruhi Bu Azizah untuk memberitahukan hal yang dilakukannya kepada para anggota. 

4. Uji intuisi: ada yang salah dalam situasi ini. Bu Dani memang berjanji untuk mengembalikan uang MKKS, tetapi uang itu digunakan tidak semestinya, yakni untuk keperluan pribadi dan tidak sepengetahuan dan persetujuan dari para anggota. 

5. Jika keputusan yang saya ambil dipublikasikan di media dan viral, saya akan merasa kurang nyaman karena kasus ini menyangkut urusan pribadi seseorang. 

6. Keputusan yang bisa diambil berdasarkan idola/panutan adalah tetap memberi waktu dan komitmen yang tegas kepada Bu Dani untuk mengembalikan uang yang sudah dipakai dan memberikan nasihat agar perilaku tersebut tidak diulangi di kemudian hari. 

7. Investigasi Opsi Trilemma: penyelesaikan kreatif untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengadakan pertemuan terbatas dengan para pengurus inti MKKS dan menyampaikan hal yang sebenarnya terjadi, lalu mengajak para pengurus untuk membuat solusi yang tepat, seperti memberi kesempatan kepada Bu Dani untuk mengembalikan uang MKKS dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan lagi. Di sisi lain, pengurus MKKS bisa mengadakan penggalangan dana untuk pengobatan anak Bu Dani kepada seluruh anggota MKKS sebagai bentuk empati.

8. Keputusan yang saya ambil adalah memberi jangka waktu tertentu untuk Bu Dani agar segera mengembalikan uang MKKS. Jika sampai mendekati rapat evaluasi, Bu Dani tidak bisa mengembalikan, maka saya akan menggunakan Investigasi Opsi Trilemma.

9. Prinsip yang saya gunakan dalam mengambil keputusan adalah Care-Based Thinking atau berpikir berbasis rasa peduli karena dengan prinsip ini membuat saya memikirkan kepentingan orang lain dan menimbulkan rasa empati. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1 Kasus 2"