Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan ini adalah CGP berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.

CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya. 

Pada bagian 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, calon guru penggerak diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.

Sebagai tambahan dalam kegiatan 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan ini, calon guru penggerak juga dapat menyimak terlebih dahulu pendapat Jon Townsin, seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan.

Menurut Townsin, inkuiri apresiatif dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi. Kali ini, sebagai latihan, kita tentukan kebutuhan perubahan tersebut.

Sebagai pendidik, kita perlu ingat kembali tujuan pendidikan nasional yang telah dinyatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, bahwa pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. 

Sekarang, berdasarkan pedoman itu, Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi pegangan untuk para pendidik di ruang belajar yang lebih kecil. Profil ini tidak hanya dimiliki oleh murid berprestasi secara akademik atau murid yang menonjol dalam bakat lainnya, profil pelajar Pancasila ini diharapkan dimiliki oleh seluruh murid Bapak/Ibu di dalam kelas.

Dalam sesi 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan ini, fokuskan diri Bapak/Ibu untuk menjalankan B-A-G-J-A tahap demi tahap. 

Susunlah pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengungkap hal paling menyenangkan, positif atau menarik yang Bapak/Ibu rasakan saat berinteraksi dengan murid. Bukalah ruang dialog bersama murid-murid ini untuk menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai di tiap tahapan B-A-G-J-A bagi pengembangan diri Bapak/Ibu. 

Model B-A-G-J-A merupakan praktik membawakan proses perubahan berbasis kekuatan. Setelah Bapak/Ibu membuat prakarsa perubahan diri yang kemudian dijabarkan dalam kanvas BAGJA, maka proses berikutnya adalah Bapak/Ibu diminta untuk mengunggahnya ke LMS. 

Tugas 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan

Pada tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. kali ini, Bapak/Ibu diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Temukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri Bapak/Ibu yang dapat membawa manfaat untuk murid. 

Contoh Tugas 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan

Berikut Tugas 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan dalam bentuk presentasi video. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3. Visi Guru Penggerak, Membuat Prakarsa Perubahan"