Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teks Pidato tentang Hidup Rukun dan Damai


Ini adalah contoh teks pidato yang membahas tentang hidup rukun dan damai. Dalam bermasyarakat, hidup rukun dan damai adalah hal yang sangat penting untuk diwujudkan. Masyarakat yang hidup rukun dan damai akan merasakan ketenangan, kenyamanan, dan kesejahteraan. Jika dalam masyarakat tidak ada kerukunan dan kedamaian, maka akan sering timbul perselisihan, perpecahan, hingga permusuhan. 

Salah satu bentuk untuk mengajak menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat adalah dengan berpidato. Hidup rukun dan damai adalah salah satu topik yang mudah untuk digunakan berpidato. 

Berikut adalah contoh teks pidato tentang hidup rukun damai. Teks pidato ini sudah sesuai dengan struktur pidato, yakni pendahuluan, isi, dan penutup.

Teks Pidato tentang Hidup Rukun dan Damai

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Saudara-saudara yang saya hormati,

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan nikmat dan karunia sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir di tempat ini. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan diberi kelancaran serta keberkahan terhadap apa yang sudah, sedang, dan yang akan kita laksanakan.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai makhluk sosial, seseorang tidak bisa hidup sendiri. Setiap orang harus selalu berhubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya saja, kadang kala dalam berhubungan bermasyarakat timbul suatu masalah hingga menimbulkan perselisihan, permusuhan, hingga perpecahan. 

Tentunya kita menginginkan hidup rukun dan damai di masyarakat. Jikapun ada masalah, jangan sampai masalah tersebut menjadi besar dan menimbulkan permusuhan. Ada beberapa hal yang bisa lakukan agar tercipta masyarakat yang hidup rukun dan damai.

Salah satu untuk mewujudkan hidup rukun dan damai adalah dengan membiasakan sikap saling menghormati dan menghargai.  Dengan sikap ini, seseorang yang sedang bermasalah dengan orang lain akan menyelesaikan masalah dengan baik-baik karena sudah didasari untuk bersikap menghormati dan menghargai. 

Selanjutnya, hidup rukun dan damai dapat diwujudkan dengan membiasakan kegiatan yang memupuk kerja sama dan gotong royong sehingga akan muncul persatuan di tengah banyak perbedaan. Entah itu perbedaan suku, ras, agama, jabatan, dan lain-lain. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk memupuk kerja sama dan gotong royong di antaranya gotong royong membersihkan lingkungan, peringatan hari besar, pertemuan rutin warga, dan lain-lain. 

Dalam mewujudkan hidup rukun dan damai, kita juga harus berusaha untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan konflik. Tentunya kita tidak bisa menghindari masalah. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi masalah agar tidak menjadi konflik di kemudian hari. 

Hadirin yang saya hormati. Sekian pidato tentang hidup rukun dan damai yang dapat saya sampaikan. Semoga kita dapat selalu menjaga kerukunan dan kedamaian di lingkungan masyarakat sekitar kita. Jika dalam penyampaian pidato, saya mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan di hati, mohon untuk dimaafkan. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Itulah contoh teks pidato tentang hidup rukun dan damai. Semoga bermanfaat. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Teks Pidato tentang Hidup Rukun dan Damai"