Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

Ini adalah salah satu contoh teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku. Pidato dengan tema kebersihan memang banyak contohnya. Pidato dengan tema ini memang cukup mudah untuk dibuat dan dibawakan untuk berpidato. Entah, pidato di hadapan orang banyak ataupun untuk praktik sekolah. 

Lingkungan sekolah yang bersih dan hijau tentunya adalah idaman semua warga sekolah. Agar impian itu terwujud, maka perlu mengampanyekan pentingnya kebersihan dan penghijauan di lingkungan sekolah. 

Lingkungan sekolah yang bersih akan membuat nyaman orang yang menempatinya. Sementara itu, lingkungan sekolah yang hijau tentunya akan menciptakan suasana yang teduh. 

Baca Juga: Teks Pidato Persuasif dengan Tema Aturan Sekolah yang Perlu Dikritisi

Ada banyak cara untuk mengajak warga sekolah agar mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau. Bisa dengan membuat poster, gerakan aksi nyata, atau bisa juga dengan berpidato persuasif dengan tema Bersih
dan Hijau Lingkungan Sekolahku. 

Baca Juga: Teks Pidato Persuasif dengan Tema BBM, Harus Hemat atau Boros?

Kali ini kita akan sajikan satu contoh teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku. Teks ini bisa digunakan untuk mengajak warga sekolah agar cinta kebersihan. 

Berikut teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku. 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Segala puji syukur mari kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir bersama di tempat ini.

Hadirin yang berbahagia, 

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan aspirasi saya mengenai kebersihan di lingkungan sekolah ini. Saya sangat bangga bisa sekolah di sini. Selain mudah diakses dengan segala jenis alat transportasi, sekolah ini juga memiliki lingkungan yang asri. Selain bersih, sekolah ini juga pantas disebut sekolah hijau. 

Kebersihan lingkungan sekolah ini sangat baik. Hanya saja, saya cukup sering menjumpai siswa yang membuang sampah sembarangan.

Mungkin siswa itu memiliki pandangan bahwa sekolah ini sudah ada petugas kebersihannya yang akan membersihkan lingkungan sekolah setiap hari. Namun, tentunya pendapat seperti ini tidak boleh dibernarkan. 

Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya dilakukan oleh petugas kebersihan saja. Semua warga sekolah, tanpa terkecuali wajib menjaga kebersihan sekolah. Siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan adalah warga sekolah yang memiliki kewajiban menjaga kebersihan sekolah. 

Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Jika sekiranya teman-teman ingin membuang bungkus makanan, tetapi di sekitar tidak ada tempat sampah atau letak tempat sampah agak jauh, kita bisa membawa terlebih dulu sampah itu. Bisa dipegang atau kalau tidak kotor, bungkus tersebut bisa kita simpan di kantong. Setelah mendapat tempat sampah, kita pun bisa membuangnya. 

Selain menghentikan perilaku buang sampah sembarangan, kita sebagai siswa juga harus menyadari pentingnya piket kebersihan kelas. Kadang saya menjumpai siswa yang tidak peduli jadwal piket kelas dan menggantungkan semunya kepada teman lainnya. Tentunya sikap seperti ini harus kita hindari. Kita harus sadar bahwa piket kebersihan kelas adalah tanggung jawab kita bersama. Berawal dari melaksanakan tanggung jawab yang kecil ini, nanti ke depannya kita akan terbiasa untuk melaksanakan tanggung jawab yang lebih besar lagi. 

Selain kebersihan, kita juga harus memiliki kesadaran untuk merawat segala jenis tanaman di sekolah ini. Jika melihat tanaman yang layu, kita tidak perlu menunggu petugas sekolah yang akan menyiramnya. Kita bisa mengambil air sendiri dan menyiramnya. Tindakan ini selain untuk merawat lingkungan sekolah juga bisa saya katakan kita sudah beramal dan bersedekah terhadap makhluk hidup lain. Selain itu, kita bisa juga meringankan pekerjaan petugas kebersihan di sekolah kita. 

Nah, jadi teman-teman, marilah meningkatkan kesadaran pada diri kita masing-masing akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus menyayangi dan merawat tanaman-tanaman yang ada di sekolah ini. Tentunya, semua ini untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau. 

Mungkin ini yang hanya dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata atau perkataan yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Sekian. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teks di atas adalah contoh pidato dengan tema bersih dan hijau lingkungan sekolahku. Semoga teks pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah ini bisa bermanfaat. Tentunya teks ini bisa digunakan secara langsung atau diubah terlebih dahulu seperlunya. Terima kasih. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku"