Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

25 Soal Materi Teks Berita Kelas 8, Pilihan Ganda dan Esai Disertai Kunci

 


Pada postingan kali ini, kita akan menyajikan 25 soal materi teks berita kelas 8, pilihan ganda dan esai disertai kunci. Soal-soal dalam postingan kali ini bisa dijadikan referensi bagi siswa dalam mempersiapkan tes atau asesmen terkait materi teks berita kelas 8 SMP. Tidak hanya itu, guru pun bisa menjadikan soal-soal materi teks berita ini untuk diteskan kepada peserta didiknya. Tentunya , soal bisa diberikan secara langsung atau diedit sesuai dengan kebutuhan. 

Teks berita adalah salah satu bagian materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan di kelas 8 SMP. Materi teks berita diajarkan pada awal semester I. Pemanfaatan 25 soal materi teks berita kelas 8, pilihan ganda dan esai disertai kunci ini bisa menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 8 SMP.

Baca juga soal tentang teks berita lainnya : 20 Soal Materi Teks Berita, Kelas 8 SMP

 25 Soal materi teks berita kelas 8, pilihan ganda dan esai disertai kunci ini dibuat sesuai dengan urutan materi dalam buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 8 SMP. Materi-materi teks berita di antaranya adalah pengertian dan ciri-ciri berita, unsur-unsur berita, struktur berita, kaidah kebahasaan dalam teks berita, menyunting berita, menulis berita, dan menyampaikan berita. 

Nah, bagi siswa atau guru yang membutuhkan contoh soal materi teks berita bisa menggunakan soal dalam postingan ini. Berikut 25 soal materi teks berita kelas 8, pilihan ganda dan esai disertai kunci.

Soal Pilihan Ganda Materi Teks Berita Kelas 8

I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang pada huruf a, b, c, atau d!

Teks berita berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1 – 5.

388 Bonsai Dipamerkan di Karanganyar

    Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (Indonesia Bonsai Community) Cabang Karanganyar melaksanakan pameran bonsai selama 4 hari, Sabtu-Selasa (6/9/11/2021). Kegiatan itu berlokasi di Galeri Bonsai Asem Grendel, di Jl. Solo-Tawangmangu, Gayamdompo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

      Di pameran itu ada 388 berbagai jenis pohon bonsai milik pebonsai Soloraya dan sekitarnya. Bonsai yang dipamerkan di antaranya pohon lamtoro, loa, asam jawa, serut, J. kinkit, bucida, hokianti, kimeng, serbin, dan beringin silver. Bonsai-bonsai tersebut mempunyai keunggulan dari segi bentuk hingga kematangan.

      Sebagian bonsai dijual dengan harga bervariasi mulai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah. Untuk lebih pastinya, peminat dapat bernegosiasi langsung dengan pemilik bonsai. Ketua panitia pameran, Tukiman, dapat menghubungkan peminat dengan pemilik bonsai. “Kalau ada yang berminat membeli , panitia bisa menghubungkannya dengan pemilik bonsai dan bisa bernegosiasi sendiri,” ujarnya di sela-sela pembukaan pameran.

    Tukiman mengatakan pameran itu diadakan untuk meningkatkan popularitas bonsai Karanganyar. Selain itu, pameran juga bertujuan mendorong pebonsai-pebonsai muda untuk meningkatkan eksistensi mereka.

      Salah satu pengunjung pameran dari Sukoharjo, Hartanto, mengatakan bahwa banyak bonsai yang bagus yang dipamerkan sehingga memberinya inspirasi. “Di sini bagus-bagus dan menarik. Saya masih awam jadi ke sini cari inspirasi untuk bikin bonsai sendiri di rumah. Karena bonsai dibuat dengan sesuai dengan pola pikir dan imajinasi,” tuturnya.


1. Unsur berita yang digunakan dalam paragraf pertama teks berita di atas adalah ….

a. apa – siapa – kapan – di mana

b. siapa – apa – kapan – di mana

c. siapa – apa – di mana – kapan 

d. siapa – mengapa – kapan – di mana


2. Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks berita di atas adalah ….

a. Mengapa bonsai yang dipamerkan dijual dengan harga yang bervariasi?

b. Siapa yang membuka pameran bonsai di Karanganyar?

c. Apa tujuan diadakannya pameran bonsai di Karanganyar?

d. Bagaimana cara bernegoisasi agar mendapat harga bonsai yang murah?


3. Ringkasan teks berita di atas adalah ….

a. Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia cabang Karanganyar melaksanakan pameran bonsai selama empat hari di Galeri Bonsai Asem Grendel dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas bonsai Karanganyar.

b. Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia cabang Jawa Tengah melaksanakan pameran bonsai selama empat hari dengan tujuan untuk meningkatkan eksistensi para pebonsai

c. 388 Bonsai dipamerkan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia cabang Karanganyar di Galeri Bonsai Asem Grendel selama bulan November 2021.

d. Pebonsai Soloraya melaksanakan pameran bonsai selama empat hari di Galeri Bonsai Asem Grendel dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas bonsai Karanganyar.


4. Pernyataan yang tepat terkait struktur teks berita di atas adalah ….

a. Paragraf pertama adalah kepala berita, sedangkan paragraf kelima adalah tubuh berita

b. Paragraf pertama adalah tubuh berita, sedangkan paragraf kedua adalah ekor berita

c. Paragraf pertama adalah tubuh berita, sedangkan paragraf kedua adalah kepala berita

d. Paragraf pertama adalah kepala berita, sedangkan paragraf kelima adalah ekor berita


5. Di paragraf ketiga terdapat kalimat langsung. Hasil pengubahan kalimat tersebut menjadi kalimat tidak langsung adalah ….

a. Tukiman mengatakan kalau ada yang berminat membeli bonsai, panitia bisa menghubungkannya dengan pemilik dan bisa bernegosiasi sendiri.

b. Tukiman berkata, “Kalau ada yang berminat membeli bonsai, panitia bisa menghubungkannya dengan pemilik dan bisa bernegosiasi sendiri.”

c. Tukiman mengatakan “kalau ada yang berminat membeli bonsai, panitia bisa menghubungkannya dengan pemilik dan bisa bernegosiasi sendiri.”

d. Tukiman mengatakan kalau ada yang berminat membeli bonsai, saya bisa menghubungkannya dengan pemilik dan bisa bernegosiasi sendiri.


6. Bacalah penggalan berita berikut secara saksama!

Tiga pendaki Gunung Lawu mengalami masalah kesehatan setelah memaksakan mendaki di cuaca ekstrim pada Minggu (7/11/2021). Akhirnya, mereka diefakuasi Tim SAR Kabupaten Karanganyar Senin (8/11/2021) dini hari WIB. 

Kata tidak baku yang terdapat dalam teks berita di atas adalah ….

a. mendaki, ekstrim

b. ekstrim, akhirnya

c. ekstrim, diefakuasi

d. akhirnya, diefakuasi


7. Perhatikan kata-kata berikut!

1) analisa; 2) otopsi; 3) diagnosis; 4) merubah; 5) aktifitas; 6) sistem; 7) silakan; 8) sekedar

Kata-kata baku terdapat di nomor ….

a. 1, 4, 7

b. 2, 5, 6

c. 3, 6, 7

d. 4, 5, 6


8. Berita yang baik harus bersifat faktual dan aktual. Apa yang dimaksud faktual dan aktual?

a. singkat dan baru saja terjadi

b. nyata dan baru saja terjadi

c. jelas dan berdasarkan kenyataan

d. berdasarkan kenyataan dan bahasanya menarik


9. Bacalah penggalan berita berikut secara saksama!

Pusat kuliner di Kabupaten Klaten bakal bertambah. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Klaten membangun taman kuliner yang berada satu lokasi dengan mal pelayanan publik (MPP). Proyek pembangunan MPP serta taman kuliner itu beralamat di Jl. Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah. 

Unsur berita yang tidak tampak dalam teks di atas adalah ….

a. apa

b. kapan

c. siapa

d. di mana


Penggalan teks berita berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 10 – 12.

1) Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengaku ngeri membayangkan lonjakan pasien Covid-19 di Jakarta dan Pulau Jawa pada umumnya. 2) Ia tidak menginginkan hal tersebut terjadi di Gorontalo dan berdampak bagi masyarakat. 3) Kekhawatiran Gubernur Rusli bukan tanpa alasan. 4) Varian Delta Covid-19 terkonfirmasi sudah menjangkiti salah satu warga Gorontalo sejak April 2021. 5) Varian yang disebut-sebut paling mematikan itu bukan tidak mungkin menjadi pandemi di Gorontalo seperti halnya di Pulau Jawa.

10. Simpulan teks berita di atas adalah ….

a. Gubernur Gorontalo tidak khawatir terhadap lonjakan pasien Covid-19 di Gorontalo.

b. Gubernur Gorontalo yakin pandemi di Pulau Jawa tidak mungkin terjadi di Gorontalo.

c. Gubernur Gorontalo meyakini bahwa daerahnya terbebas dari pandemi Covid-19.

d. Gubernur Gorontalo tidak ingin lonjakan pasien Covid-19 di Jakarta dan Pulau Jawa terjadi di Gorontalo.


11. Penggunaan kata kerja mental terdapat di kalimat ….

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat


12. Penggunaan kata keterangan tempat terdapat di kalimat ….

a. 1, 2, 3, 4 

b. 1, 2, 3, 5

c. 1, 3, 4, 5

d. 1, 2, 4, 5


13. (1) Raihan satu poin membuat Persib terpuruk di peringkat ke-17. (2) Hanya Persis Solo yang memiliki hasil lebih buruk daripada Persib karena selalu kalah dari tiga laga. (3) Selanjutnya, Persib akan menghadapi PSIS Semarang pada pekan ke-4 Liga 1, Sabtu (13/8/2022). (4) Laga ini diharapkan bisa menjadi momen kebangkitan bagi Persib. 

Penggunaan konjungsi temporal terdapat di kalimat nomor ….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4


14. tak banyak yang tahu, pada tahun 1948 ibu kota jawa tengah pernah dipindahkan ke kabupaten purworejo, tepatnya di desa giyombong, kecamatan bruno. Lalu seperti apakah suasana bekas pusat pemerintahan Jawa Tengah itu saat ini?

Perbaikan kalimat yang dicetak miring sesuai ejaan yang tepat adalah ….

a. Tak banyak yang tahu, pada Tahun 1948 Ibu Kota Jawa Tengah pernah dipindahkan ke Kabupaten Purworejo, tepatnya di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno.

b. Tak banyak yang tahu, pada tahun 1948 ibu kota Jawa Tengah pernah dipindahkan ke Kabupaten Purworejo, tepatnya di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno.

c. Tak banyak yang tahu, pada tahun 1948 ibu Kota Jawa Tengah pernah dipindahkan ke Kabupaten Purworejo, tepatnya di Desa Giyombong, Kecamatan Bruno.

d. Tak banyak yang tahu, pada tahun 1948 ibu kota Jawa Tengah pernah dipindahkan ke kabupaten Purworejo, tepatnya di desa Giyombong, Kecamatan Bruno.


15. (1) Kabar gembira bagi para pecinta dan atlit olahraga paralayang di Kabupaten Boyolali. (2) Ternyata Boyolali memiliki tempat untuk olahraga dirgantara tersebut. (3) Pemandangan alamnya menawan karena berada di antara Gunung Merbabu dan Merapi. (4) Tempat tersebut berada di Lereng Gunung Merbabu, wilayah Desa Senden, Kecamatan Selo.

Agar berita tersebut kaidah bahasanya benar, hal yang harus diperbaiki adalah ….

a. mengganti kata “atlit” menjadi “atlet” dan mengganti huruf L pada kata “Lereng” menjadi huruf kecil.

b. mengganti kata “atlit” menjadi “atlet” dan mengganti kata “paralayang” menjadi “para layang".

c. mengganti kata “olahraga” menjadi “olah raga” dan mengganti huruf L pada kata “Lereng” menjadi huruf kecil.

d. mengganti kata “paralayang” menjadi “para laying” dan mengganti kata “olahraga” menjadi “olah raga”.

Soal Esai Materi Teks Berita Kelas 8 SMP

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

16. Perhatikan penggalan teks berita berikut!

Singapura dilanda banjir bandang pada Selasa (9/11/2021) sore waktu setempat. Pemicu banjir bandang adalah timbunan potongan rumput yang menyumbat saluran air setempat saat terjadi hujan yang sangat deras. 

Analisislah unsur-unsur teks berita (Adiksimba) di atas!

17. Berita terdiri atas tiga struktur. Sebutkan struktur penyusun teks berita!

18. Buatlah kalimat yang mengandung:

a. Konjungsi bahwa

b. Kata kerja mental

19. Temukan dan perbaiki dua kata tidak baku di penggalan berita berikut!

Kementrian Kesehatan RI hingga kini memastikan kasus orang terkena cacar monyet yang sempat dilaporkan seluruhnya bersetatus negatif. Data ini termasuk pasien di Jawa Tengah, yakni pria 50 tahun yang sudah berkeluarga. Dia sempat mengeluhkan gejala menyerupai cacar monyet dan menjalani isolasi.

20. Tulis ulang penggalan berita berikut dengan huruf kapital dan tanda baca yang tepat!

Siapa tak kenal timlo selat dan tengkleng Ternyata tiga kuliner khas solo ini tercipta sejak zaman kolonial belanda dan masa pendudukan jepang.

Baca juga soal lainnya: 20 Soal tentang Teks Iklan, Slogan, dan Poster Kelas 8 SMP

Kunci Jawaban 25 Soal Materi Teks Berita Kelas 8, Pilihan Ganda dan Esai

Kunci jawaban berguna untuk mencocokkan jawaban dari soal yang sudah dikerjakan. Berikut kunci jawaban 25 soal materi teks berita kelas 8 SMP, pilihan ganda dan esai. 


Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Materi Teks Berita Kelas 8 SMP

1. b

2. c

3. a

4. d

5. a

6. c

7. c

8. b

9. b

10. d

11. a

12. d

13. c

14. b

15. a

Kunci Jawaban Esai Materi Teks Berita Kelas 8 SMP

16.  Unsur-unsur berita:

Apa : banjir bandang

Di mana : Singapura

Kapan : Selasa, 9 November 2021

Mengapa : adanya timbunan potongan rumput yang menyumbat saluran air saat terjadi hujan yang sangat deras

17.  Struktur teks berita: kepala berita, tubuh/badan berita, ekor berita

18.  Kebijakan guru.

       Contoh jawaban: 

a. Suyadi mengatakan bahwa dia akan membuat resto dari badan pesawat terbang bekas.

b. Jokowi mengapresiasi seluruh upaya penyandang disabilitas dalam berprestasi.

19.  Kata tidak baku dan perbaikannya:

a. Kementrian seharusnya ditulis Kementerian

b. bersetatus seharusnya ditulis berstatus

21. Siapa tak kenal timlo, selat, dan tengkleng? Ternyata tiga kuliner khas Solo ini tercipta sejak zaman kolonial Belanda dan masa pendudukan Jepang.

Nah, itulah soal dan kunci jawaban materi teks berita kelas 8 SMP. Sebarkan postingan 25 Soal Materi Teks Berita Kelas 8, Pilihan Ganda dan Esai Disertai Kunci ini jika bermanfaat. Salam sehat dan semangat belajar selalu. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "25 Soal Materi Teks Berita Kelas 8, Pilihan Ganda dan Esai Disertai Kunci"